My Words' Journey

Food Combining Yang Enggak Bikin Pening

13 Sep 2013 - 14:37 WIB

Siapa sih sebenarnya yang pertama kali mempopulerkan food combining? Kayaknya kok ngetrend dan prospektif banget yak? (kayak bisnis aja prospektif) :D

Saya jadi penasaran banget nih sama yang satu ini. Katanya bisa bikin badan sehat, enggak sakit-sakitan. Kalau dipikir-pikir Alhamdulillah selama ini saya hampir gak pernah sakit. Teringat percakapan dengan putri saya yang ini :

Putri : Bu, ini aku kenapa flu lagi ya?


Ibu : Lha kenapa Nok, pan kapan hari baru aja sembuh. Mimik es ya kamu?





Putri : Ih enggak Bu.


Ibu : Enggak apa? enggak salah?


Putri : (tersenyum keki)





Putri : Lha itu ibu minum es melulu juga nggak pernah batuk pilek.


Ibu : Masak sih Nok?




Putri : Iya, waktu aku, adek, dan ayah kena pilek, ibu koq enggak sendiri sih? Gak kompak


Ibu : (gak tau harus ngomong apa)



Kalau dipikir-pikir lagi, memang terus terang selama beberapa tahun belakang ini saya hampir tak pernah sakit. Beruntung kan, coba kalau pas suami dan anak-anak sakit terus saya ikutan sakit juga, apa enggak repot nanti. Siapa yang akan merawat mereka bertiga? Mana harus ijin kantor juga kan kalau sakit. Bisa keteteran semua pekerjaan kalau gitu.

Mungkin ini efek food combining yang saya terapkan selama ini ya. Untuk yang belum tau tentang food combining (FC), sini saya beri sedikit bocoran. Ini versi asli tapinya lho. Nanti yang FC versi saya beda lagi. Ibu kreatiiiiff… mana mau ngikutin yang mainstream ;) *digetok pakar FC

1. Food Combaining versi asli

FC dimaksudkan sebagai suatu pola makan yang telah disesuaikan dengan sistem kerja pencernaan manusia. Tidak seperti diet yang memaksa tubuh untuk mengikuti aturannya. Justru FC ini pola makannya menyesuaian dengan kerja alami sistem pencernaan kita. Mari kita lihat tabel FC berikut ini biar lebih jelas :

sumber : kabarsore.com

sumber : kabarsore.com

Sesuai aturan yang tertera di gambar tersebut, tidak boleh mengkombinasikan jenis-jenis makanan yang tidak bersinggungan secara langsung.

Sebenarnya inti dari FC itu sendiri sederhana. Menurut K. Marsden dalam buku Food Combining semuanya dipermudah dengan kesimpulan ini : Makanlah buah-buahan secara terpisah. Jangan kombinasikan protein-protein utama dengan pati, dan ANDA SUDAH MELAKUKAN SEMUANYA!

2. Food Combining versi tak mau pening

Sebenarnya tak melulu menggunakan rumus versi aslinya sih. Tubuh kita kan punya antibodi cukup untuk menangkal aneka gempuran penyakit. Apa iya sih tubuh kita itu kayak gedebok pisang, dikit-dikit peyok? :D

Saya sih penganut paham makan apa saja. Di FC versi asli juga tak ada larangan makan apapun, asalkan kombinasinya benar. Nah, intip yuk tips kombinasi makan yang pasti enggak bakalan Anda bantah. Pasti setuju banget dengan tips saya ini :

  1. Jangan pernah makan nasi dicampur ketela, ubi, kimpul, roti tawar dan sejenisnya. Selain sama-sama mengandung pati konsentrat tinggi, tentu saja rasanya enggak karu-karuan kan?
  2. Hindari makan burger tiap hari. Rotinya yang tinggi pati itu tentu merusak rumus FC karena bertemu dengan daging di dalamnya. lagian makan burger tiap hari kan berat di ongkos sob :)
  3. Hindari mencampurkan ikan dan nanas dalam satu masakan, meskipun dengan alasan mengurangi amis. Kenapa? Soalnya dua-duanya saya gak doyan
  4. Sesuaikan sambal pendamping makanan dengan lauk yang ada. Jangan coba-coba membubuhkan sambal sate pada sayur sop Anda, bisa runyam nanti rasanya.
  5. Buah sejenis melon atau semangka paling bagus dimakan sendirian, soalnya kalau dimakan berame-rame bisa-bisa ntar enggak kebagian.
  6. Sayuran itu paling pas di-combine kan dengan berbagai makanan seperti pada gambar di atas tadi. Pas banget di kala tanggal tua, gak perlu beli daging atau ikan.

No hurt feeling ya guys, itu tadi sekedar sharing pengalaman pribadi. Buktinya saya sehat selalu melalui food combining ini. Jujur saja, saya penganut FC sejati. Lah semua makanan saya konsumsi tanpa pandang bulu, asalkan selalu ingat resepnya. Kombinasikan secara benar. Jangan pernah makan ikan, daging, tempe, nasi dan sayur secara bersamaan. Tau kenapa? Keliatan greedy, you know :D

Nah, food combining ala saya enggak bikin pening kan? Ayo, mulai segera sejak sekarang. Kapan lagi anda mau sehat dan langsing seperti saya? #eh *hancurkan semua mirror mirror on the wall :D

sumber tulisan yg serius dari sini :


TAGS   #30HariNonStopNgeblog / food combining / humor / makanan /


Blog Owner

Uniek Kaswarganti
uniek_s@yahoo.com

Recent Post

Recent Comments

Archive